BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tokoh Yakub adalah tokoh yang sangat terkenal. Namanya ditulis untuk menerangkan Allah orang Israel yaitu Allahnya Abraham, Allahnya Iskak, dan Allahnya Yakup.

Sebelum menemukan jati diri yang sesungguhnya dari Tuhan, Yakub mengalami banyak masalah dalam hidupnya.  Yakup harus melarikan diri dari Esau karena telah mencuri hak kesulungannya.

Yakup juga pernah mengalami masalah bisnis dengan mertuanya dan banyak masalah lagi yang menimpa hidupnya. Suatu hari Tuhan mengubah total hidup Yakup ketika dalam perjalanan kembali bertemu dengan bapa dan Esau saudaranya.

Pada waktu menyebrangi sungai Yabok, Yakup bertemu dengan seseorang yang mengajak dia bergulat. Alkitab mencatat pergulatan Yakup dengan seseorang yang dia temui berlangsung cukup lama hingga matahari mulai terbit.

Yakub bahkan harus menderita kepincangan setelah pangkal pahanya di pecok oleh orang yang bergumul dengan dia. Akan tetapi dalam pergumulan dan pergulatan yang cukup panjang tersebut, Yakup menemukan jati diri yang sesusunguhnya dari Tuhan.

Yakub mendapat nama baru setelah melewati permulan dan pergulatan yang panjang tersebut. Tuhan mengganti nama Yakup menjadi Israel. Dengan nama baru ini Tuhan mempunyai panggilan yang sangat besar atas hidup Yakup.

Tetapi orang itu menjawab namamu sekarang bukan lagi Yakub tetapi Israel. (Kejadiam 32:30)

Yakub kemudian menamai tempat itu sebagai Pniel. Tempat ini tentu menjadi tempat yang sangat berarti dalam hidup Yakup karena dia mengalami perubahan hidup setelah bergumul dengan Tuhan.

sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!”

Berubahnya nama Yakup menjadi Israel juga menandakan kelahiran sebuah bangsa yaitu bangsa Israel. Dari kisah Yakup ini kita dapat belajar bahwa perjumpaan pribadi seseorang dengan Tuhan adalah sesuatu yang luar biasa.

Yesaya 41:8 (TB)  Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi;

Seorang pendosa atau seseorang yang sering mendapat masalah dapat berubah secara drastis ketika mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan. Yakup yang dikenal sebagai penipu diubah Tuhan menjadi bapa suatu bangsa ketika dia mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan.

Di Pniel ini Yakub bergulat dengan Tuhan dan dengan dirinya sendiri. Di Pniel Yakub menemukan identitas (Divine Identity) dalam dirinya dan dia menemukan otoritas (Divine Authority) untuk tidak takut bahkan untuk bertemu dengan Esau kakaknya sekalipun.

Pniel menjadi tempat Yakub mengalami Tuhan (Divine Encounter) dan menemukan hadirat Tuhan ( Divine Present). Di Pniel ini Allah memberkati Yakub untuk menjadi bangsa pilihanNya (Nation Encounter).

“Setiap orang percaya perlu menemukan Pnielnya masing-masing. Tidak perduli seberapa rusak dan hancur hidup kita saat ini, Tuhan akan menunjukan jati kita yang sesusunguhnya, ketika kita mengalami perjumpaan pribadi denganNya”.

– Ps. Hanny Setiawan –

Kotbah : Kotbah disampaikan oleh Ps. Hanny Setiawan di Ibadah Raya Bethany Solo Baru

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Editor : Tim Berita Mujizat

Comments

https://i2.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2019/04/yakub-bergulat.jpg?fit=800%2C600&ssl=1https://i2.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2019/04/yakub-bergulat.jpg?resize=800%2C600&ssl=1adminPesan MimbarPniel,YakupBeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Tokoh Yakub adalah tokoh yang sangat terkenal. Namanya ditulis untuk menerangkan Allah orang Israel yaitu Allahnya Abraham, Allahnya Iskak, dan Allahnya Yakup. Sebelum menemukan jati diri yang sesungguhnya dari Tuhan, Yakub mengalami banyak masalah dalam hidupnya.  Yakup harus melarikan diri dari Esau karena telah mencuri...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan