Renungan

Pertobatan – 7 Desember 2016


roc

Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan …. 
(2 Kor 7:10) 

Intro:

Keinsafan akan dosa adalah awal dari suatu pemahaman akan Allah. Pertobatan selalu menuntun seseorang untuk berkata dari hati yang terdalam, “Tuhan, saya telah berdosa kepadamu.” Hidup baru akan tampak dalam pertobatan yang dilakukan dengan sadar. Dasar dari kekristenan adalah pertobatan.

Renungan:

Keinsafan akan dosa digambarkan dengan baik melalui kata-kata:

“Dosa-dosaku, dosa-dosaku, Penebusku,

Betapa duka hati-Mu karenanya.”

Keinsafan akan dosa adalah awal dari suatu pemahaman akan Allah. Yesus Kristus mengatakan, ketika Roh Kudus datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa (lih. Yohanes 16:8). Dan, ketika Roh Kudus mengerakkan hati nurani seseorang dan membawanya masuk ke dalam hadirat Allah. Orang itu bukannya mengkhawatirkan hubungannya dengan sesama, melainkan hubungannya dengan Allah — “Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa …” (Mazmur 51:6).

Keajaiban keinsafan akan dosa, pengampunan, dan kekudusan sangat terpaut sehingga hanya orang yang diampuni yang menjadi kudus. Ia membuktikan bahwa ia diampuni dengan berbalik dari apa yang ia lakukan sebelumnya dengan anugerah Allah. Pertobatan selalu menuntun seseorang untuk berkata, “Saya telah berdosa.” Tanda paling pasti bahwa Allah sedang bekerja dalam hidupnya adalah ketika dia mengatakan hal itu dari hatinya yang terdalam. Jika kurang dari itu, hal itu hanyalah berupa penyesalan karena telah berbuat kesalahan-kesalahan yang bodoh – tindakan refleks yang disebabkan oleh kemuakkan terhadap diri sendiri, tetapi bukan karena keinsafan keberdosaan terhadap Allah.

Jalan masuk Kerajaan Allah adalah melalui pedihnya luka dalam pertobatan yang berbenturan dengan “kebaikan” manusia. Kemudian, Roh Kudus yang menghasilkan pergumulan ini memulai pembentukan Anak Allah dalam kehidupan orang itu (lih. Galatia 4:19). Hidup baru akan tampak dalam pertobatan yang dilakukan dengan sadar, disertai dengan kekudusan yang tidak disadari, tidak pernah dengan cara sebaliknya. Dasar dari kekristenan adalah pertobatan. Secara tegas perlu diketahui, seseorang tidak dapat bertobat karena dia memilih untuk bertobat — pertobatan adalah karunia Allah. Kaum Puritan dulu berdoa untuk “karunia air mata”.

Jika Anda berhenti memahami nilai pertobatan, Anda membiarkan diri tetap dalam dosa. Ujilah diri Anda sendiri untuk mengetahui apakah Anda telah melupakan bagaimana menjadi seorang petobat sejati.

Oswald Chambers
Penulis : Oswald Chambers

Comments

Related Articles

Back to top button