BeritaMujizat.com – Pendidikan – Mengajarkan dan mengajak anak untuk doa syafaat bersama ternyata mempunyai banyak manfaat untuk membangun kualitas kehidupan rohani yang lebih baik. Selama ini pelayanan ibadah seringkali dikotak-kotakan sesuai dengan kategori umur yang ada.

Pengotak-kotak pelayanan ibadah ini ternyata justru yang membuat pertumbuhan rohani tidak dapat berjalan secara optimal, terutama pada anak-anak. Sebuah penilitian yang di lakukan Nicholasville United Methodist Church mengungkapkan hal tersebut.

Penelitian yang dilakukan Nicholasville United Methodist Church menjelaskan mengapa pelayanan doa syafaat antar generasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk membentuk dan mengajarkan iman Kristen. Menurut penelitian yang dilakukan, doa syafaat antar generasi yang dilakukan orang tua dan anak atau keluarga dengan komunitas Gereja, memperkuat pemahaman dan pembentukan iman Kristen, dan memperkuat jaringan sosial.

Dalam penelitiannya, Nicholasville United Methodist Church mulai mengajak anggota Gerejanya untuk melakukan doa syafaat antar generasi. Anak-anak diminta mendoakan orang tua, begitu pun sebaliknya orang tua mendoakan anak-anak dan generasi di bawahnya.

Menurut para jemaat yang mengikuti doa syafaat antar generasi ini, mereka merasa lebih dikuatkan dalam iman setelah mengikuti doa syafaat antar generasi ini. Mereka juga merasa ada hubungan yang lebih erat dan lebih sehat dalam komunitas Gereja. Setiap orang belajar saling mengerti dan menerima, serta berusaha memberi dorongan iman kepada orang lain.

Doa syafaat antar generasi ini tentu dapat menjadi pendekatan baru dalam metode pendidikan Kristen. Orang tua bia mengajak doa syafaat bersama setiap hari di rumah untuk mengajarkan pengetahuan tentang Tuhan pada anak. Doa syafaat antar generasi ini juga harus mulai dikukan di sekolah untuk mengganti sistem ceramah satu arah yang jelas membuat anak cepat bosan.

Konsep bertumbuh dan mengalami Tuhan bersama dalam doa syafaat antar generasi ini juga dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan anak. Hubungan yang lebih erat dibutuhkan untuk membantu menjawab persoalan dan pergumulan yang sedang dihadapi anak.

Konsep tumbuh dan mengalami Tuhan bersama ini juga dapat digunakan untuk membantu anak untuk memahami firman Tuhan yang tertulis di Alkitab dengan realitas kehidupan yang terjadi sehari-hari.

 

Sumber : Christian Education Journal: Series 3, Vol. 14, No. 1

Penulis : Gilrandi ADP

Comments

https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/12/intercession-flagpole.jpg?fit=618%2C340&ssl=1https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/12/intercession-flagpole.jpg?resize=618%2C340&ssl=1Gilrandi ADPMandat BudayaPendidikandoa syafaat,PendidikanBeritaMujizat.com - Pendidikan - Mengajarkan dan mengajak anak untuk doa syafaat bersama ternyata mempunyai banyak manfaat untuk membangun kualitas kehidupan rohani yang lebih baik. Selama ini pelayanan ibadah seringkali dikotak-kotakan sesuai dengan kategori umur yang ada. Pengotak-kotak pelayanan ibadah ini ternyata justru yang membuat pertumbuhan rohani tidak dapat berjalan secara optimal,...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan