BeritaMujizat.com – Pendidikan – Gerakan kerelawanan Kristen terhadap gerakan sosial dan pendidikan dapat dikatakan masih sangat minim. Tidak banyak kegiatan muda-mudi Gereja yang diarahkan untuk mengisi ruang-ruang kosong dalam masyarakat.

Salah satu penyebab rendahnya partisipasi relawan Kristen terhadap gerakan sosial dan pendidikan adalah kembali menguatnya isu kristenisasi.

Banyak pihak mencurigai, bahkan ada yang sempat menolak gerakan-gerakan sosial maupun pendidikan yang dilakukan oleh para relawan Kristen.

Selain itu rendahnya partisipasi relawan Kristen juga diakibatkan semakin dominannya kelompok agama tertentu dalam menguasi ruang-ruang kosong dalam masyarakat.

Rendahnya partisipasi relawan Kristen juga disebabkan karena munculnya teologi-teologi yang fokus pada kekayaan dan kenyamanan pribadi. Teologi-teologi semacam ini mengesampingkan pentingnya partisipasi Gereja dalam kehidupan masyarakat.

Melihat realita ini, sekelompok anak muda mulai bergerak untuk mengajak kembali relawan-relawan Kristen melalui gerakan Mendidik Bagi Indonesia (MBI).

Kegiatan nyata yang dilakukan MBI untuk mengajak para relawan Kristen adalah melalui Rumah Belajar. Kegiatan Rumah Belajar ini fokus untuk mengajak anak-anak menjadi gemar terhadap belajar.

Gemar atau mencintai belajar adalah hal saat ini jarang ditemui dalam diri anak. Oleh karena itu banyak anak saat ini mengalami frustasi terhadap belajar maupun sekolah karena beban pelajaran yang sangat berat.

Frustasi terhadap belajar dan sekolah sejatinya merupakan awal dan penyebab utama terjerumusnya banyak anak pada hal-hal yang negatif.

Aktivitas yang dilakukan oleh Rumah Belajar dilakukan secara kreatif dan menyenangkan. Para relawan juga diajak untuk lebih interaktif dan belajar memahami keunikan yang dimiliki setiap anak.

Kegiatan Rumah Belajar yang dilakukan oleh MBI ini dapat ditemui di Solo. Antusias yang besar dari anak dan masyarakat membuat para pengurus harus membuka kegiatan Rumah Belajar ditempat yang baru.

Kegiatan Rumah Belajar ini juga diarahkan untuk menjadi wadah bagi para relawan Kristen dan Gereja untuk terlibat langsung terhadap permasalahan nyata yang terjadi di masyarakat.

Dengan adanya wadah MBI ini, partisipasi relawan Kristen terhadap isu-isu sosial dan pendidikan diharapkan dapat meningkat. Para relawan Kristen tidak perlu canggung atau takut lagi untuk belajar berinteraksi langsung dengan masyarkat.

Gerekan Mendidik Bagi Indonesia juga mempunyai kerinduan yang sangat besar untuk melahirkan calon pemimpin-pemimpin baru, yang mempunyai jiwa nasionalis.

Penulis : Gilrandi ADP

Comments

https://i2.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2019/02/IMG-20190218-WA0013.jpg?fit=1280%2C853&ssl=1https://i2.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2019/02/IMG-20190218-WA0013.jpg?resize=1000%2C853&ssl=1adminMandat BudayaPendidikanMendidik bagi Indonesi,Relawan KristenBeritaMujizat.com - Pendidikan - Gerakan kerelawanan Kristen terhadap gerakan sosial dan pendidikan dapat dikatakan masih sangat minim. Tidak banyak kegiatan muda-mudi Gereja yang diarahkan untuk mengisi ruang-ruang kosong dalam masyarakat. Salah satu penyebab rendahnya partisipasi relawan Kristen terhadap gerakan sosial dan pendidikan adalah kembali menguatnya isu kristenisasi. Banyak pihak mencurigai, bahkan ada yang sempat...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan