Renungan

Keputusan yang Sungguh-Sungguh tentang Dosa – 10 April


roc

… manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. 
(Roma 6:6) 

 

Intro:

Tidak seperti orang berpikir bahwa dosa harus dikekang, ditekan, atau dilawan. Renungan hari ini mengatakan, tidak sekadar seperti itu. Kita harus disalibkan — disalibkan dengan Kristus, sampai yang tersisa dalam daging dan darah Anda hanyalah kehidupan-Nya. Dan, hal itu membutuhkan keputusan kita.

 

Renungan:

Disalibkan Dengan Kristus. Sudahkah Anda mengambil keputusan bahwa dosa harus sepenuhnya dimatikan dalam diri Anda? Dibutuhkan waktu untuk mengambil keputusan yang sungguh-sungguh dan efektif tentang dosa. Namun demikian, itu merupakan saat terbesar dalam hidup Anda ketika Anda memutuskan bahwa dosa harus mati dalam diri Anda — bukan sekadar dikekang, ditekan atau dilawan, melainkan disalibkan — seperti halnya Yesus Kristus mati bagi dosa dunia.

Tidak seorang pun dapat mengantar orang lain untuk mengambil keputusan ini. Kita mungkin dapat diyakinkan secara mental dan rohani, tetapi yang perlu kita lakukan adalah benar-benar mengambil keputusan yang ditekankan Paulus kepada kita dalam nas ini.

Berhentilah sejenak, luangkan waktu untuk menyendiri dengan Allah, dan ambillah keputusan penting ini, seraya berkata, “Tuhan, persatukan aku dengan kematian-Mu sampai aku tahu bahwa dosa itu telah mati dalam diriku”. Ambillah keputusan moral bahwa dosa dalam diri Anda harus dimatikan.

Bagi Paulus, hal ini bukanlah semacam harapan masa depan ilahi atau rohani, tetapi sebuah pengalaman yang sangat radikal dan pasti dalam hidup Paulus.

Siapkah Anda untuk mengizinkan Roh Allah menyelidiki Anda sampai Anda tahu seberapa tingkat dan sifat/natur dari dosa yang ada dalam hidup Anda — untuk melihat hal-hal yang sungguh bertentangan dengan Roh Allah dalam diri Anda?

Jika demikian, maukah Anda sepakat dengan putusan Allah mengenai sifat dosa — bahwa itu harus dipersatukan dengan kematian Yesus? Anda tidak dapat “memandangnya bahwa kamu telah mati terhadap dosa ” (Roma 6: 1), kecuali Anda telah secara sungguh-sungguh menyelesaikan masalah kehendak Anda di hadapan Allah

Sudahkah Anda masuk ke dalam hak istimewa yang mulia disalibkan dengan Kristus, sampai yang tersisa dalam daging dan darah Anda hanyalah kehidupan-Nya? “ Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku….” (Galatia 2:19-20)

Penulis : Oswald Chambers
Sumber : Sabda.Net, M. Agustinus Pur

 

Comments

Related Articles

Back to top button