Editorial

Belum Juga Rilis Resmi, Pokemon Makin Booming di Indonesia


Pokemon

BeritaMujizat.com – Berita – Sampai saat ini game Pokemon Go belum juga rilis di Indonesia, meski Niantic sebagai perakit game ini sudah melakukan perilisan di 27 negara. Ke-27 negara yang dimaksud antara lain Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Republik Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Yunani, Greenland, Hungaria, Islandia, Irlandia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Romania, Slovakia, Slovenia, Swedia, dan Swiss. Sedangkan negara yang ke-27 disebut-sebut adalah Kanada.

Namun meski belum juga dirilis resmi, kesuksesan game Pokemon di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Antusiasme pengguna Android pada game ini terbilang sangat tinggi. Awalnya, demam Pokemon Go mulai mewabah di sebagian kalangan masyarakat dunia pengguna smartphone. Sebuah aplikasi permainan yang memadukan dunia nyata dan virtual ini menjadi trending topic di berbagai media di dunia.

Pokemon Go  memungkinkan para pemainnya seakan-akan berada dalam dunia Pokemon. Dengan memanfaatkan teknologi GPS yang terdapat dalam smartphone Anda,  Pokemon Go akan memberikan informasi mengenai keberadaan Pokemon dalam dunia nyata, dan para pemain harus berkelana di dunia nyata untuk bisa mendapatkannya.

Di Amerika Serikat, seperti dilansir Similar Web, sebanyak 5,16 % pengguna Android di sana telah mengunduh Pokemon Go dalam gawainya, dan menggeser popularitas Tinder. Selain itu, 60 % dari pengunduh aplikasi game ini menggunakannya secara rutin setiap harinya. Dengan kata lain, sebanyak 3% populasi pengguna Android di Amerika Serikat adalah pengguna aktif Pokemon Go.

Pokemon Go merupakan sebuah aplikasi real world gaming yang dirancang khusus bagi para pengguna Android dan iOS untuk memberiikan pengalaman berbeda dalam bermain game. Bekerjasama dengan Nintendo dan The Pokemon Company, Niantic mengembangkan gameterbaru dari Pokemon  dari sebuah permainan yang dibuat The Pokemon Company dan Google pada hari April Mop 2014. Permainan tersebut ternyata mengundang antusias besar sehingga memunculkan ide pembuatan Pokemon Go dan mengembangkannya sedemikian rupa.

Permainan Pokemon terbaru ini memungkinkan para pemainnya untuk menangkap, memelihara, melatih, dan mempertandingkan Pokemon yang dimilikinya dengan pemain lain. Sebanyak lebih dari 100 jenis Pokemon yang tersebar di berbagai belahan dunia dapat diburu dan ditangkap oleh para pemainnya. Terdapat pula area gimnastik, yaitu tempat di mana pemain dapat bertarung dengan sesama pemain dan memungkkinkan pemain memperoleh barang-barang tertentu yang ditempatkan di lokasi-lokasi simbolis, unik, dan bersejarah, seperti di monumen, taman kota, ataupun kawasan museum.

Dikutip dari Business Insider, John Hanke selaku CEO Niantic mengatakan, “Permainan ini sendiri dimaksudkan untuk memfasilitasi hal-hal di kehidupan nyata.”

Selain itu, Hanke juga berkata bahwa timnya memiliki tiga tujuan besar ketika membuat Pokemon Go. Pertama sebagai sarana olahraga, di mana para penggunanya harus bergerak dan berkelana untuk bisa memainkan permainanyang fenomenal ini. Kedua, “untuk melihat dunia dengan paradigma yang baru”, dan ketiga sebagai sarana interaksi sosial atau breaking the ice bagi para pengguna permainan Pokemon Go.

 

Penulis  : Nabila Inaya
Sumber : CompusicianNews.Com 

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button