traivailing

BeritaMujizat.com – Pendalaman Alkitab – Paulus mengatakan kepada jemaat di Kolose tentang seorang bernama Epafras yang “bergumul dalam doa” supaya jemaat dapat bertumbuh dewasa secara rohani. Bisa dikatakan, Epafras ini seorang pendoa syafaat atau intercessor.

Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah. (Kol 4:12)

Kata bergumul yang digunakan dalam konteks ini adalah ἀγωνίζομαι (agōnizomai, G75 Strong) .  Kata ini memiliki bentang arti dari  berarti to struggle (bergulat), to contend (bertanding), to fight (bertarung), to strive (berjuang), sampai ke to labor fervently (bekerja keras).  

Dengan mengetahui bentangan arti (range of meaning) dari sebuah kata, kita akan bisa melihat cakupan arti yang lebih luas. Hal ini membuat kita bisa lebih yakin dalam mengartikan maksud asli penulis teks ayat yang kita pelajari.

Beberapa ayat lain di Perjanjian Baru yang menggunakan kata Agonizomai adalah

Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. (Luk 13:24)

 Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.” (Luk 18:36)

Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. (I Kor 9:25)

 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.  (Kol 1:29)

Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. (I Tim 6:12)

 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. (II Tim 4:7)

Dari bentangan arti ayat-ayat ini dapat disimpulkan bahwa Epafras benar-benar berjuang, bertarung, melawan, dan bertanding sungguh-sungguh. Sense of belonging atau rasa memiliki yang luar biasa dari seorang pendoa yang patut dijadikan teladan para pendoa syafaat jaman ini.

Epafras adalah singkatan Epafroditus merupakan kawan sekerja Paulus.  Dikatakan dalam Kol 1:7, “Semuanya itu telah kamu ketahui dari Epafras, kawan pelayan yang kami kasihi, yang bagi kamu adalah pelayan Kristus yang setia.” Di ayat di laporkan bahwa Epafras inilah yang jadi mata dan telinga bagi Paulus untuk mementori jemaat Kolose.

Orang-orang seperti Epafras ini adalah orang-orang yang mungkin bukan yang tampil di depan pangung, mereka “hanya pelayan Kristus yang setia”, tapi terlihat perang orang-orang seperti ini tidak kalah pentingnya dengan Paulus, sang rasul.

Kata agonizomai ini diperkirakan mendekati kata agony dalam bahasa inggris yang artinya kesakitan, sekaran, dan penderitaan yang mendalam. Senafas dengan arti kata bersalin ketika seorang ibu hamil hendak melahirkan.

Paulus mengungkapkan dalam Gal 4:19 serupa dengan bentang arti agonizomai:

Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Travailing atau sakit bersalin seorang ibu hamil inilah yang digambarkan oleh Paulus ketika menuliskan perjuangan Epafras di Kol 4:12.  Inilah arti kata dari bergumul.  Apakah kita sudah bergumul sekeras Epafras?  Pertanyaan yang harus kita sendiri jawab masing-masing.

 

Penulis  : Hanny Setiawan

 

 

Comments

https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/09/traivailing.jpg?fit=651%2C391https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/09/traivailing.jpg?resize=651%2C391Hanny SetiawanPendalaman AlkitabTeologibergumul,bersalin,doa syafaat,pergumulanBeritaMujizat.com - Pendalaman Alkitab - Paulus mengatakan kepada jemaat di Kolose tentang seorang bernama Epafras yang 'bergumul dalam doa' supaya jemaat dapat bertumbuh dewasa secara rohani. Bisa dikatakan, Epafras ini seorang pendoa syafaat atau intercessor. Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan