nama Yahweh

BeritaMujizat.com – Teologi – Nama merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Bahkan tugas pertama yang diberikan Tuhan kepada Adam adalah memberikan nama terhadap makhluk ciptaanNya.

Dan melalui “nama” juga, Tuhan melakukan karya penyelamatan bagi manusia yaitu nama Yesus Kristus atau Yeshua Hamashiach. Lalu bagaimana dengan nama Yahweh (YHWH)? Orang Kristen(red: orang percaya) percaya bahwa YHWH merupakan nama Allah Bapa di Surga dan sebagian ada yang menganggap bahwa ketika orang percaya menyebut nama Tuhan maka nama YHWH harus digunakan. Yang menjadi pertanyaan adalah HARUSKAH semua orang percaya menggunakan nama Yahweh (YHWH)?

Beberapa orang yang menganggap bahwa orang percaya harus menggunakan nama Yahweh adalah karena Allah merupakan sebuah nama Tuhan dari penganut agama lain oleh sebab itu sebagai orang Kristen maka harus menggunakan nama Yahweh dibanding nama Allah.

Perbedaan mendasar dari “Tuhan”, “Allah”, dan YHWH adalah “Tuhan” merupakan sebuah pangkat/jabatan yang artinya adalah Penguasa Tunggal (Kurios), Allah merupakan sebuah hakekat  dan YHWH merupakan sebuah nama.  Sebagai perbandingan, coba perhatikan kalimat berikut:

“Rudi yang adalah seorang manajer hebat tinggal di Jakarta.”

Dari kalimat tersebut, “Rudi” merupakan sebuah nama, “Manajer” merupakan sebuah kedudukan dan Rudi memiliki hakekat sebagai manusia. Oleh sebab itu pendapat yang menyebutkan bahwa “Allah” merupakan nama Tuhan dari penganut agama lain itu kurang tepat.

Pendapat kedua yang ada adalah “YHWH merupakan sebuah nama dan nama tidak boleh diterjemahkan.”

Di dalam Alkitab, banyak sekali yang nama yang diterjemahkan ke dalam bahasa lain, contohnya : Simon Petrus yang disebut juga Kefas dalam bahasa Aram (Yohanes 1:42), Tabita yang disebut juga Dorkas dalam bahasa Yunani (Kisah Para Rasul 9:36), Job diterjemahkan Ayub dalam bahasa Indonesia, Markus diterjemahkan Mark dalam bahasa Indonesia, dll. Jadi sudah jelas bahwa nama pun masih bisa diterjemahkan.

Lalu apakah orang Kristen harus menggunakan nama YHWH dalam setiap ibadahnya dan doa-doanya? Penulis menjawab TIDAK HARUS dan itu artinya bukan merupakan sebuah kewajiban. Bagi yang percaya, silahkan menggunakan nama YHWH dalam setiap doa dan ibadahnya tapi penggunaan nama YHWH hendaknya tidak dijadikan sebuah hal yang dipaksakan.

Baca juga:

Gereja Tuhan jangan Mau lagi Terjebak dalam Pertentangan Karismatik dan Reformasi!

 

Penulis : Oscar Utomo

Comments

OscarRenunganSpiritualitasnama Yahweh,name of GodBeritaMujizat.com - Teologi - Nama merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Bahkan tugas pertama yang diberikan Tuhan kepada Adam adalah memberikan nama terhadap makhluk ciptaanNya. Dan melalui 'nama' juga, Tuhan melakukan karya penyelamatan bagi manusia yaitu nama Yesus Kristus atau Yeshua Hamashiach. Lalu bagaimana dengan nama Yahweh (YHWH)?...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan