bangga menjadi Indonesia

Sumber Gambar

BeritaMujizat.com – Renungan –Keputusan untuk memilih suatu kepercayaan dan menjalankan aktivitas keagamaan merupakan hal yang tidak mudah dalam kehidupan seseorang. Hal terjadi karena pada umumnya agama bersifat absolut (re : paling benar).

Karena bersifat absolut, aktivitas spiritual seringkali harus diikuti dengan sifat ketaatan penuh. Akan tetapi sifat Tuhan yang absolut, berbeda dengan sifat manusia yang justru sebaliknya. Akal budi dan segala yang meleket pada manusia tidaklah bersifat absolut.

Keterbatasan pikiran, perasaan dan kehendak manusia membuatnya tidak dapat menjelaskan dengan sempurna siapa Tuhan. Akan tetapi manusia memiliki hasrat Ilahi yang mendorongnya mencari sumber dari segala yang ada.

Hingga hari ini, sejarah mencatat bagaimana dinamika kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh proses pencarian kebenaran ini. Dari konflik besar yang pernah terjadi dan potensi konflik yang mengancam saat ini tidak lepas dari proses ini.

Hal tersebut membuktikan, proses mencari Tuhan akan terus mewarnai dinamika kehidupan manusia hingga akhirnya nanti. Saat ini, menjadi pengikut Kristus yang percaya pada karya penyelamatan Kristus Yesus dikayu salib dan boleh menjadi warga negara Indonesia adalah cerita luar biasa yang boleh kita alami saat ini.

Indonesia merupakan negara yang dasar negaranya berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa namun dibangun atas keberagaman agama dan kepercayaan yang berkembang didalamnya. Hal ini menunjukan Indonesia bukan negara  agama! bukan negara Kristen maupun negara agama yang lain!

Meskipun sebenarnya banyak sekali perlakuan diskriminatif atau penolakan-penolakan terhadap umat Kristen yang terjadi diberbagai tempat, kita harus tetap berbangga menjadi orang Kristen Indonesia. Kita harus berbangga karena kita dapat bersinergi dengan pemeluk agama lain menentukan nasib bangsa dalam naungan (NKRI).

Kita juga harus berbangga karena untuk menjadi bangsa yang merdeka kita tidak harus menghilangkan identitas kita. Spiritualitas kita justru dapat langsung diuji dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang memiliki agama lain.

Jika Kekristenan adalah agama yang mengajarkan Kasih/Cinta, di sini kita memiliki kesempatan untuk mengekpresikan rasa Kasih/Cinta itu sebesar-besarnya.

Ya meskipun di dalam Indonesia juga ada kelompok-kelompok yang tidak setuju dengan Indonesia karena pandangan tentang Tuhan mereka berbeda, yang acapkali melakukan tindakan-tindakan nekat yang mengancam.

Hal tersebut tidak menghalangi untuk kita berbangga atas Indonesia. Jadi apabila orang bertanya apa yang membuat kita bangga menjadi orang Indonesia? jawabannya adalah karena di Indonesia kita dapat mengeskpresikan cinta Tuhan dan cinta terhadap sesama (apapun agamanya) dalam satu cita-cita terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Itulah yang juga dialami oleh para pendahulu kita sehingga warisan agung ini dapat kita rasakan, yang mungkin tidak dapat dirasakan oleh orang Kristen yang ada di negara lain.

Penulis : Gilrandi Adp

 

Comments

https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2017/02/bangga-menjadi-Indonesia.jpg?fit=850%2C479https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2017/02/bangga-menjadi-Indonesia.jpg?resize=850%2C479Gilrandi ADPRenunganSpiritualitasAku bangga,anak Indonesia,Kristen IndonesiaSumber Gambar BeritaMujizat.com - Renungan -Keputusan untuk memilih suatu kepercayaan dan menjalankan aktivitas keagamaan merupakan hal yang tidak mudah dalam kehidupan seseorang. Hal terjadi karena pada umumnya agama bersifat absolut (re : paling benar). Karena bersifat absolut, aktivitas spiritual seringkali harus diikuti dengan sifat ketaatan penuh. Akan tetapi sifat Tuhan yang absolut,...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan