revival

BeritaMujizat.com – Revival – Apakah Indonesia bisa mengalami revival? Tentu saja, mengapa tidak. Bahkan hal ini pernah terjadi pada tahun 1965 di Soe. Soe adalah sebuah kota kecil di Kupang, NTT. Kota ini berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Pada tahun 1960-an Indonesia dalam masa kondisi ekonomi yang terpuruk, inflasi tercatat sebesar 170% dari tahun 1951-1966. Hal ini menjadikan daerah-daerah terpencil seperti Soe mengalami kelangkaan makanan. Tak hanya itu, disaat seperti ini gereja di Soe pun kesulitan untuk mendapatkan bahan pengajaran.

Pada July 1965 pengkotbah dari Institut Injil Indonesia bernama “Detmar Scheunemann” bersama tim mendatangi Soe, mereka melayani dan menubuatkan bahwa akan ada tim penginjilan yang dibentuk di Soe yang akan diutus ke berbagai daerah pedalaman.

Setelah nubuatan itu, Tuhan mulai bekerja atas Soe. Begitu banyak mujizat-mujizat yang terjadi, revival terjadi dan banyak orang menyerahkan hidupnya pada Kristus.

Hal ini bermula pada tanggal 26 September 1965. Dalam sebuah sesi doa malam di sebuah gereja Presbyterian yang diikuti oleh kurang lebih 200 orang (segala macam umur), tiba-tiba terdengar suara angin kencang yang melanda. Beberapa orang nampak takut, tapi sesi doa tetap dilanjutkan.

Di gereja ini, sesi doa mengikuti sebuah liturgi dimana doa semuanya sudah tercatat dalam lembaran dan ada urutan doa yang jelas, seorang demi seorang bergiliran secara tertib dan teratur. Tapi malam itu semua orang mulai berdoa dengan cara yang baru. Mereka berdoa secara serentak dan berdoa diluar hal-hal yang sudah dicatat.

Hal ini terus berlangsung di tengah bunyi angin yang makin kencang. Tak lama setelah itu, banyak orang yang disekitar gereja itu melihat api yang besar menyelimuti gereja, tapi tidak membakar gereja tersebut. Orang-orang, bahkan polisi pun berdatangan pada saat itu.

Karena kejadian ini akhirnya banyak yang memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat.

Didalam gereja sesi doa masih terus berjalan. Bahkan gaya baru untuk menyembah Tuhan seakan-akan “lahir” saat itu. Orang-orang mulai mengangkat tangan, memuji dan menyembah Tuhan dan orang-orang ini mulai menyembah dengan bahasa-bahasa yang baru.

Kejadian ini menjadi cikal bakal terjadinya revival yang melanda hampir seluruh pulau Timor. Sejak hari itu hingga tahun 1970an, ratusan tim penginjilan keluar dari tempat ini, dan kesemuanya menginjil dengan penuh kuasa dan disertai oleh mujizat selama perjalannya, tim-tim penginjilan ini  menjangkau daerah-daerah seperti : Rote, Sabu, Alor, Flores, Sumba, Sawu, Timor Timur (sekarang Timor Leste), Kalimantan, dan daerah2 pedalaman lainnya.

Mujizat-mujizat yang selama ini tercatat di Alkitab, akhirnya benar-benar terjadi. Berjalan diatas air, terdengar paduan suara Malaikat, air menjadi anggur, multiplikasi makanan, dan mujizat-mujizat lain benar-benar dialami oleh para penginjil ini.

Sejak kejadian ini, jumlah jemaat meningkat pesat dalam beberapa tahun saja. Pada saat itu gereja yang ada di wilayah Soe semuanya bersatu.

Sayangnya pada tahun 1970-an penurunan terjadi. Ada seorang saksi hidup yang menuliskan revival di Soe ini dalam sebuah buku. Dia bernama Mel Tari (Melchoir Tari). Saat revival ini terjadi, dia berusia 18 tahun. Dia menuliskan kejadian yang terjadi di Soe ini dalam sebuah buku Like a Mighty Wind. Pada tahun 1970 dia disuruh Tuhan berangkat ke Amerika untuk bersaksi disana dan sempat melayani disana juga untuk beberapa tahun sebelum akhirnya kembali ke Soe.

Kejadian ini juga menarik kalangan internasional. Don Crawford adalah wartawan dari Tyndale House, penulis buku dari Pueblo Intrique dan Red Star Over Cuba, dia penasaran akan cerita tentang mujizat yang terjadi di Soe ini, dan akhirnya memutuskan untuk pergi langsung ke Soe dan menuliskan kesaksiannya selama perjalanan tersebut kedalam sebuah buku berjudul Miracles in Indonesia.

Mungkin banyak yang meragukan keaslian dari kisah ini. Jika Tuhan bisa melakukan mujizat di jaman para nabi dan rasul, mengapa Tuhan tidak bisa melakukannya waktu itu di Soe dan dimasa sekarang ini?

Sumber : sarapanpagi.org
Sumber Thumnail : www.voiceofrevolution.com 

Comments

https://i1.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/06/9_sw_brownsville1-3.jpg?fit=714%2C479https://i1.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2016/06/9_sw_brownsville1-3.jpg?resize=714%2C479YosefRevivalgereja,indonesia,mujizat,ntt,revival,soe,unityBeritaMujizat.com - Revival - Apakah Indonesia bisa mengalami revival? Tentu saja, mengapa tidak. Bahkan hal ini pernah terjadi pada tahun 1965 di Soe. Soe adalah sebuah kota kecil di Kupang, NTT. Kota ini berbatasan langsung dengan Timor Leste. Pada tahun 1960-an Indonesia dalam masa kondisi ekonomi yang terpuruk, inflasi tercatat sebesar...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan