BeritaMujizat.com – Pendidikan – Banyak yang percaya pendidikan agama salah satu solusi utama untuk menghadapi perubahan jaman yang semakin komplek. Para orang tua kini berlomba-lomba untuk mamasukan anak mereka pada sekolah yang fokus pada pendidikan agama.

Ketakutan yang sangat besar terhadap dampak buruk yang dibawa globalisasi dan kemajuan teknologi ditengarai menjadi motivasi utama orang tua untuk memilih sekolah berbasis agama. Hal ini tentu menjadi momentum yang bagus pendidikan Kristen guna menjawab tantangan perubahan jaman yang sedang dan akan terjadi.

Kecerdasan spritual yang dulu tidak dipandang kini mulai diperhitungkan dan dianggap sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual. Guna menjawab tantangan perubahan jaman yang ada pendidikan Kristen harus fokus pada pengembangan tiga pilar utama dalam iman Kristen yaitu Worship Development, Revival, Kingdom Mindset. 

Worship Development mengarah pada spritual formation (pembentukan spritual) dalam diri anak. Worship Development harus dimulai dengan perjumpaan pribadi dengan Tuhan. Perjumpaan pribadi dengan Tuhan mendorong anak untuk tidak berhenti dan puas pada pengetahuan akan Tuhan, akan tetapi hingga merasakan dan mengalami pengalaman Tuhan yang hidup secara pribadi.

Pengetahuan akan Tuhan saja tentu tidak akan cukup membentuk kecerdasan kerohanian yang optimal. Setiap anak harus menyadari dan memahami bahwa Tuhan itu nyata dan manusia mempunyai kasih karunia untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan Tuhan melalui pujian dan doa.

Revival merupakan wujud nyata karya dan kasih Tuhan atas manusia. Revival ini juga menjadi saksi sejarah perjalan Gereja Tuhan dari musim-musim. Mengenalkan dan mendorong anak mengalami revival sama halnya mengajak anak untuk mengenali dan memiliki hati seperti Tuhan Yesus.

Menariknya Revival yang pernah terjadi di beberapa tempat dimulai dari pelajar-pelajar yang mengalami lawatan Tuhan secara nyata. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan Kristen seharusnya memiliki ikatan yang erat dengan Revival yang pernah terjadi dan yang akan terjadi lagi.

Pilar ketiga yang sangat penting untuk dipahami dalam pendidikan Kristen adalah Kingdom Mindset. Kingdom Mindset mendorong anak mempunyai pikiran dan perasaan yang dimilki Kristus.

Filipi 2:5 “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus”

Kingdom Mindset adalah merupakan framework pendidikan Kristen yang membedakan dengan pendidikan yang lain. Framework ini sangat diperlukan agar anak tidak terseret arus negatif yang muncul dari perubahan jaman. Framework ini bahkan dapat mendorong anak untuk melakukan transformasi terhadap lingkungan sekitarnya.

Ketiga pilar ini akan mendorong anak mengalami proses pendidikan untuk percaya pada Tuhan Yesus (believing), menjadi seperti Tuhan Yesus (being), dan melakukan pekerjaan Tuhan Yesus (doing). Jika semua proses dipahami dan dialami oleh anak, kecerdasan spritual akan bertumbuh secara optimal.

 

Penulis : GIlrandi ADP

 

Comments

https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/11/child-praying.jpg?fit=580%2C334https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/11/child-praying.jpg?resize=580%2C334Gilrandi ADPMandat BudayaPendidikanPendidikan Kristen,tantangan perubahan jamanBeritaMujizat.com - Pendidikan - Banyak yang percaya pendidikan agama salah satu solusi utama untuk menghadapi perubahan jaman yang semakin komplek. Para orang tua kini berlomba-lomba untuk mamasukan anak mereka pada sekolah yang fokus pada pendidikan agama. Ketakutan yang sangat besar terhadap dampak buruk yang dibawa globalisasi dan kemajuan teknologi ditengarai menjadi...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan