BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Saudara-saudari Kristen di Nigera saat ini sedang mengalami penderitaan yang sangat berat. Mereka dibunuh dengan kejam, rumah dan Gereja mereka dihancurkan tanpa sisa oleh kelompok bersenjata.

Orang Kristen memang menjadi sasaran utama kelompok bersenjata Fulani. Akhir Agustus lalu, kelompok Fulanani melakukan serentetan serangan yang merenggut 20 orang Kristen Negara Bagian Plateau. Sedangkan serangan brutal di Barkin Ladi bahkan menghilangkan nyawa salah satu hamba Tuhan bernama  Pdt. Adamu Wurim Gyang, 50. (sumber)

Menuru keterangan yang yang dimuat oleh Charismanews.com, ketiga anak pendeta Gyang juga turut menjadi korban serangan brutal kelompok Fulani. Mereka semua ditembak dan dibakar hingga jasadnya sulit untuk dikenali.Kronologinya, kelompok Fulani masuk ke desa dan langsung menembaki warga dengan brutal.

Kelompok bersenjata tersebut kemudian menghampiri kediaman rumah pendeta Gyang dan mulai menembak dengan sangat brutal. Setelah itu mereka membakar rumah pendeta Gyang yang masih satu gedung dengan gedung Gereja.

Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir tercatat 15 desa yang mayoritas penduduknya Kristen menjadi sasaran kelompok Fulani. Bahkan Pada serangan yang dilkukan bulan Juni lalu, ada sekitar 230 orang Kristen yang meninggal. Menurut keterangan para saksi kelompok Fulani menggunakan komando militer yang terkoordinasi dengan baik layaknya tentara nasional untuk menyerang desa.

Saat ini diperkirakan  Lebih dari 11.500 orang terpaksa mencari perlindungan di 13 lokasi di seluruh negara bagian, sementara jumlah yang terluka akibat serangan kelompok bersenjata belum diketahui. Menurut World Watch Monitor ada lebih banyak lagi desa yang hendak diserang kelompok bersenjata Fulani.

Menanggapi tragedi ini, masyarakat lokal dan internasional telah memberikan tekanan pada Presiden Muhammadu Buhari untuk menempatkan pasukan keamanan untuk mengaman desa dari serangan kelompok Fulani. Presiden Muhammadu Buhari sempat dikritik karena seolah membiarkan pembantaian massal yang sedang terjadi di Negaranya.

Tak lama setelah kejadian tersebut terjadi perundingan KTT  yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kristen Nigeria (CAN) untuk Wilayah Utara. perundingan tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi, termasuk sekretaris untuk pemerintah gederasi (SGF) dan Gubernur Lalong, bersama dengan gereja, wanita dan pemimpin pemuda dari 19 Negara Bagian Utara Nigeria dan Wilayah Ibukota Federal (Abuja).

Pertemuan ini bertujuan untuk menemukan solusi yang langgeng terhadap kekerasan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Menanggapi hal ini Gereja Tuhan diseluruh dunia diharapkan memberi dukungan kepada saudara-suadarai Kristen yang sedang mengalami kesusahan di Nigeria.

Kita berdoa agar tangan Tuhan melindungi saudara-saudari kita disana dari upaya jahat kelompok bersenjata atau aktor intelektual dibaliknya.

 

Penulis : Gilrandi ADP

 

Comments

https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/09/nigeria_2164745b-1.jpg?fit=620%2C387https://i0.wp.com/www.beritamujizat.com/wp-content/uploads/2018/09/nigeria_2164745b-1.jpg?resize=620%2C387Gilrandi ADPBerita Gerejagenosida,NigeriaBeritaMujizat.com - Berita Gereja - Saudara-saudari Kristen di Nigera saat ini sedang mengalami penderitaan yang sangat berat. Mereka dibunuh dengan kejam, rumah dan Gereja mereka dihancurkan tanpa sisa oleh kelompok bersenjata. Orang Kristen memang menjadi sasaran utama kelompok bersenjata Fulani. Akhir Agustus lalu, kelompok Fulanani melakukan serentetan serangan yang merenggut 20...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan